Thursday, July 31, 2014

Halal/Haram Makanan Yg Lo Makan?


Tadinya, gw ingin membeli suatu makanan. Tapii, yg membuat gw was-was, makanan tersebut gaada logo halalnya. Galau, bimbang, bingung, semuanye bercampur aduk. Gw beli/gak makanan itu? Dan setelah melalui proses berpikir yg cukup lama, eh ga lama deng, akhirnya gw gajadi beli makanan itu. Bukan bermaksud gw cap sebagai makanan haram(karna gaada logo halal), tapi gw cuma was-was ajee. Nah, di postingan kali ini, gw mau ngebahas makanan halal & haram. Yukyuk silakan disimak^^

1. Halal/tidaknya makanan tergantung dari ada/tidaknya logo halal?
 
= Menurut pemikiran gw yg super absurd, pernyataan ini mah gabisa terlalu dipercaya. Jika dirate, dari 100%, gw bisa ngasih 45% deh utk pernyataan ini. Kenapa? Karna belum tentu makanan yg tidak ada logo halalnya berarti haram, dan belum tentu juga yg ada logo halalnya berarti halal. Gini deh, coba dipikir, makanan dari mancanegara(baca : mancanegara kurang mendukung Islam), yg tidak tersaring oleh MUI, maka tidak ada logo halalnya tetapi sebenarnya makanan tersebut halal. Bisa jadikan bisa jadi? Nah gw mikir gitu! Tapi sesuai data yg gw terima dari om gugel, kata pemerintah pernyataan tersebut 99,9% bener. Yaudah sih, gw ngikut pemerintah aja, gw gk beli makanan yg gaada logo halalnya

2. Kata salah satu temen gw “Positive thinking aja. Kalau elo udh beli, trus elo makan dan eh tibatiba ada yg bilang itu ga halal alias haram, ya tinggal bilang aja lo gatau, simple”
 
= Menurut gw, itu sama aja mempermainkan agama. Karna apa? Lo mengatas namakan agama utk menghalalkan yg haram dan mengharamkan yg halal dengan dasar GAK TAU. Gw memang org yg gamau dibawa ribet, tapi soal kalo soal agama, bukan gw bawa ribet, tapi gw pikir matangmatang.

Yak, singkat kah? Ndakpapa lahya, singkat tapi jelas=) Kalo menurut lo gmana? Sharing dong! Bagi ilmu & pemikiran! Readers terbaik ialah readers yg meninggalkan jejak setelah membacanya. So, tinggalkan jejak dong! Thanks:D

Cr picture : http://heysadewo.wordpress.com/2014/06/20/apalah-arti-sebuah-nama/

8 comments:

  1. Andai seluruh umat islam di indonesia seperti anda,yang pertama kali di tanyain pastinya halal/haram??.bukan enak apa nggak??..
    makasih udah memberi inspirasi,,
    pertahanin prinsipnya gan (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. InsyaAllah dipertahankan. Berjuang terus demi Islam! Allahuakbar!=)

      Delete
  2. Gue gak suka pernyataan lo yang nomor satu.
    Silahkan banyak bertanya dan banyak mencari lagi sebelum beropini.

    nih gue kasi referensi Komunitas yang konsen di masalah ini.
    http://www.myhalalcorner.com/
    Halal Corner adalah Komunitas yang mengedukasi, member informasi dan konsultasi tentang ke-Halal-an suatu produk. Berdiri pada Tanggal 4 Desember 2011 di Jakarta. Sampai saat ini, Halal Corner telah berada di 4 kota besar di Indonesia & 1 kota besar di Saudi Arabia, yaitu : Jakarta, Bandung, Batam dan Surabaya & Madinah. Mohon do'anya, Segera menyusul di beberapa kota Besar lain di Indonesia dan Luar Negeri.

    Lo juga bisa dapetin aplikasi buat ngecek mana barang dagangan yang udah dapet sertifikat halal mana yang belum. disini http://app.myhalalcorner.com/app_tentang.php
    Ayo lah kawan mencari demi kebaikan bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan atas referensi & pendapatnya!=)

      Delete
  3. Makasih sudah membagikan artikel ini, karena dengan artikel ini sy lebih banyak mengert tentang Makanan yang Halal/haram

    ReplyDelete
  4. Agak susah sih ngelihat logo, yakan. Gimana makan di restoran, nahloh.

    ReplyDelete