Tuesday, December 30, 2014

Sejatinya IKHWAN #MEmoryeah2014




Ahmad Fauzan ‘Adziimaa, atau biasa dipanggil ‘Ustadz Fauzan’,
Awalnya terkenal sebagai guru yg sedikit annoying, menjengkelkan, dsb.
Pribadi yang pintar, sabar dan kreatif ini selalu punya hal baru dalam cara beliau mengajar.


Jujur, awalnya gua sedikit merasa ‘enggan’ diajar beliau. Kembali teringat, gua dan salah satu temen gua, selalu memperhatikan gerak-gerik ustadz Fauzan, entah untuk apa, tapi ini yang selalu gua dan temen gua lakukan saat terlihat ustadz Fauzan dimata. Sebelum formatif yang pertama kalinya dengan beliau, ustadz Fauzan masih terkenal sebagai guru yang kurang disukai. Disini beliau masih ber-adaptasi mungkin yak. Dan, formatif untuk yg pertama kali dengan beliau pun akhirnya tiba. Setelah pembagian kertas soal dan jawaban, beliau menuliskan secarik kalimat di papan tulis. Sekelas tertawa membaca kalimat tersebut─anyway, thanks ustadz atas kalimatnya! Sampai sekarang jadi motivasi gua─. Kalimat yang bertuliskan “Manusia terbaik ialah ia yang tetap jujur walau dalam kondisi apapun”. 

Sebenarnya, #MEmoryeah2014 gua dengan beliau terlalu banyak, sampai gua bingung mau tuangkan yang mana. Postingan ini, gua mungkin agak sedikit serius kali ya. 

Teringat kembali, 7Asseek, kelas gua yang terkenal kelas paling ribut, dan itu juga bukan kendala bagi beliau untuk mengajar. 

“Akhwat ga boleh ramerame” tegurnya. Begitu lembut dan sangat manis.

Teringat kembali, kata-kata khas beliau yang selalu ingin gua dengar dan selalu teringat dalam benak. Peneguran lucu, kocak, walau sebenarnya lucu dibagian mana gua juga gak ngerti. 

Teringat kembali, saat pertama kali beliau blogwalking ke blog gua, bahagia banget, comment yang mengandung motivasi membuat gua tambah semangat ngeblog dan tambah aktif di komunitas keren sejagad raya, @kancutkeblenger. Thanks kawancut! Bangga gua bisa jadi bagian Kancut Keblenger.

Teringat kembali, hari itu, udah sore, beliau mau berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat ashar. Gua berlari tergabah-gabah hanya karena mau menanyakan suatu hal. Belum mengeluarkan sepatah kata pun, beliau sudah memulai permbicaraan dengan canda gurau-nya yang buat gua ketawa terbahak bahak.

“Zi, kaos kaki ustadz robek nih, kamu gak kasian, beliin dong”

Dan kebetulan, kaos kaki gua juga robek, gak mau kalah, gua juga memamerkan kaos kaki yang robek itu. Gua terkaget kaget mendengar jawabannya, benar benar seorang ikhwan sejati.

“Kamu akhwat, akhwat kok gitu ya, akhwat tidak boleh seperti itu. Itu aurat mbak”

Wew, calon penghuni surga. Ternyata, sore itu, gua gak jadi untuk menanyakan suatu hal tersebut, karena sudah terbahak bahak dengan candaannya beliau. Tak terasa, gua juga gak nyangka, hari ini hari terakhir gua bertemu beliau. Kaget, sempet gak percaya, dan jujur, gua gak rela, beliau pindah karena melanjutkan pendidikan S2-nya ke Taipei, Taiwan. Masih teringat juga, kalimat gua terakhir ke beliau dan kalimat terakhir beliau ke gua. Dan, ah ya gua gak menceritakannya di atas, janji beliau kepada kelas gua yang masih sampai sekarang belum terpenuhi─ustadz kalau baca postingan saya yang ini, jangan lupa janjinya hehe─. Janji apa, Sha? Mungkin gak penting-penting banget kali yeee, janji beliau adalah menyelesaikan film sejarah yang belum selesai kelas gua tonton.

Seminggu berlalu tanpa beliau, eh ketepatan saat liburan, gua pun tak lepas dengan social  media. Melihat notifications facebook yang bisa dibilang banyak itu, membuat gua heran, gua kesambet apa dapat notif sebanyak itu. Ternyata, gua dapet tag dari seorang yang gua kagumi, Ahmad Fauzan ‘Adziimaa. Kurang lebih status beliau yang gua ditag itu berisi kata-kata maaf, motivasi, dan kata-kata khas beliau. Dengan spontan, gua langsung comment, dan ternyata gua juga ngeinbox yang isinya panjang kali lebar kali tinggi kayak rumus fisika. Dan gua, untuk kesekian kalinya, kembali tertawa terbahak-bahak membaca respon beliau atas inbox gua yang panjang kali lebar kali tinggi kayak rumus fisika.

Ah, teringat kembali, hari dimana bertepatan dengan hari guru, seluruh siswa/I meminta maaf kepada seluruh guru. Bertepatan gua minta maaf di ustadz Fauzan, seperti biasa, beliau yang memulai percakapan. “Wah, Zia. Harus lama nih minta maafnya”. Saat itu, gua mau nangis, terharu sekaligus bangga, tapi gua tahan, malu nangis depan beliau hahah.

Dan sekarang, 30 Desember 2014, beliau masih berjuang dijalan Allah SWT untuk menuntut ilmu kebaikan di negeri Taiwan.

Untuk yang kesekian kalinya, saya, Azkiya Shabira, ingin minta maaf dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada ustadz Ahmad Fauzan ‘Adziimaa. Jangan bosan bosan ke sekolah lagi, tadz. Janjinya jangan lupa juga:’)





























Cr foto/dokumentasi: Gua minta langsung ke beliau & dokumentasi smp.

9 comments:

  1. salam kenal yaa. ini untuk KK juga yah?? hehehe...
    ini tulisan MiQHNuR --> http://wp.me/p57FgO-4j

    ReplyDelete
  2. wihh, semoga anak yg namanya askiya shabira tumbuh menjadi remaja yg cerdas dan berprestasi yg kelak mampu membanggakan agama, orang tua, dan guru-gurunya.

    ReplyDelete
  3. ngomong ngomong background di poto poto itu dinegara mana yaa? kereeen :D

    ReplyDelete
  4. Tuh tuh dikomentarin sama Ustadz Fauzan-nya, seneng ya punya guru kayak beliau, serasa punya motivasi untuk sekolah lebih tinggi lagi :D

    Baca juga #MEmoryeah punyaku:
    #MEmoryeah2014 Vaccines Young Ambassador 2014 dan #MEmoryeah2014 Aku dalam GADIS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii iyanih dikomenxD iya, seneng bangett. Okeoke, meluncurr aaah ke #MEmoryeah2014 nyaa kakakxD

      Delete